Jawab Pertanyaan Ini sebelum Bergabung dengan Sekolah Pilot Luar Negeri

Jawab Pertanyaan Ini sebelum Bergabung dengan Sekolah Pilot Luar Negeri

Ada banyak alasan yang mendasari para pelajar khususnya asal Indonesia yang memilih bergabung dengan sekolah pilot luar negeri, di antaranya sekolah pilot luar negeri menawarkan durasi yang singkat, ingin semakin memaksimalkan kemampuan bahasa Inggris, agar mendapatkan relasi yang lebih luas dari berbagai negara, dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda pun tertarik mengenyam pendidikan penerbangan di sekolah pilot school luar negeri? Jika iya, sebaiknya jawab dahulu pertanyaan berikut ini:

Negara mana yang bakal Anda tuju?

Ada banyak negara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan pendidikan penerbangan. Beberapa di antaranya adalah New Zaeland, Amerika, Australia, Filipina, dan Malaysia. Dari negara-negara tersebut, mana yang bakal Anda tuju? Sebetulnya, ada 2 aspek yang mesti dipertimbangkan dalam memilih negara tujuan sekolah pilot yakni jarak dan standar penerbangan yang dipakai. Kalau tidak ingin terlalu jauh dengan Negara Indonesia, Anda bisa mempertimbangkan sekolah pilot di Malaysia karena hanya menempuh perjalanan udara sekitar 1 jam. Kalau ke New Zealand bisa sampai lebih kurang 4 jam perjalanan udara dan 15 jam ke Australia. Jika ingin belajar penerbangan dengan gampang, Anda bisa memilih Filipina karena menggunakan standar FAA di mana lebih menekankan pada praktik. Namun, jika ingin memilih sekolah dengan standar tinggi tepatnya EASA (teori lebih mendalam dan jam terbang lebih banyak, tapi durasi sekolah lebih lama yakni bisa lebih dari 2 tahun), Anda bisa memilih Malaysia.

Sekolah mana yang bakal Anda pilih?

Sudah menemukan negara tujuan sekolah pilot? Kalau sudah, Anda pun harus menentukan sekolah mana yang bakal Anda pilih karena setiap negara memiliki banyak sekolah pilot. Pastikan sekolah yang Anda pilih benar-benar berkualitas. Namun, bagaimana mengetahuinya? Cara termudah untuk mengetahui berkualitas atau tidaknya sekolah pilot adalah dari para lulusannya. Ketika lulusannya telah banyak yang diterima bekerja oleh maskapai penerbangan terutama yang ternama, sekolah pilot bisa dibilang berkualitas karena mampu menciptakan lulusan yang berdaya saing bahkan diprioritaskan oleh maskapai penerbangan ternama. Sebaliknya, ketika para lulusan dari sekolah pilot banyak yang menganggur, sekolah pilot tersebut patut diwaspadai. Bisa jadi instruktur penerbangan yang digandeng kurang berpengalaman atau fasilitas yang disediakan tidak memadai & modern sehingga kemampuan lulusan kurang sesuai yang disyaratkan maskapai penerbangan.

Apakah sudah menyiapkan visa pelajar?

Untuk bisa mengenyam pendidikan di luar negeri, Anda harus menyiapkan visa pelajar. Jika tidak, Anda tidak bakal diperbolehkan untuk memasuki negara tersebut. Apakah Anda sudah menyiapkannya? Kalau belum, persiapkan dari sekarang karena proses pembuatan visa pelajar membutuhkan waktu yang relatif lama yakni sekitar 2 bulan. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk membuat visa pelajar, sebagai berikut:

  • Formulir pengajuan visa dari kedutaan negara tujuan (formulir ini bisa didownload)
  • Paspor
  • Fas foto terkini
  • Akte kelahiran
  • Bukti jaminan keuangan
  • Dll

Selanjutnya, kedutaan negara tujuan bakal mengirimkan pengjuan pembuatan visa ke imigrasi negara tujuan. Faktanya, proses pengajuan visa tidak selamanya diterima. Dalam beberapa kasus, pengajuan visa ditolak oleh negara tujuan karena menyangkut jaminan keuangan tidak kuat, pernah tersangkut masalah keimigrasian, keterangan yang diberikan salah, dan lain sebagainya.

By the way, jika Anda memilih sekolah pilot di luar negeri berarti Anda harus siap dengan perbedaan budaya yang sangat mencolok, rasa makanan yang kemungkinan tidak nyaman di lidah Anda, serta iklim cuaca yang bisa jauh berbeda dengan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *